Kamis, 02 Januari 2014

lagu dolanan



CEMPA ROWA
Cempa rowa
Pakananmu apa rowa
Tuku gendhing ndhing ndhing ndhing
Rowang rawing wing wing wing
Bong kecebong jarane jaran bopong
Sing nunggangi semar bagong
Ecrek enong ecrek enong
Ecrek enong ecrek enong
            Cempa rowa ini merupakan salah satu hewan yang ditungganggi atau yang digunakan dalam pedalangan, biasanya cempa rowa ini diiringi dengan gendhing-gendhing jawa.Selain itu biasanya cempa rowa ini berkaitan dengan jaran atau kuda bisa saja di artikan mirip kuda.
            Lagu ini juga menggambarkan seekor jaran yaitu jaran bopong, jaran bopong ini di dalam pewayangan kesenian jawa biasanya digunakan sewaktu semar dan bagong keluar atau masuk dalam pertunjukan. Dan disertai dengan iringan gamelan, lagu ini merupakan lagu yang menggambarkan cerita lelucon dan mengabarkan semua orang bergembira riya.
            Cempa rowa ini merupakan seekor binatang yang sangat kecil kurus hingga tak kuat berjalan, apa sih yang di makan binatang itu sampai- sampai berjalan aja montang-manting.Diibaratkan jaran yaitu jaran bopong, jaran yang tidak bisa berjalan ditambah di tunggangi semar dan bagong, tokoh semar dan bagong dalam pewayangan kan besar dan gemuk sekali sehingga sulit untuk berjalan. Ibaratnya seseorang yang semangat atau seseorang yang tidak mempunyai semangat untuk menjalani kehidupan ini. Seseorang yang sudah lemah hingga hampir tak sanggup untuk hidup, karena sangat berat sekali beban hidupnya, karena beban hidup yang sangat berat ini seseorang itu putus asa.
            Lagu ini diberikan kepada anak-anak, supaya anak-anak dari kecil jangan berrputus asa, tetap semangat dalam hal apapun dikehidupan kelak nanti.sewaktu asih kecil kita harus selalu tersenyum.Masa kecil kecil adalah  masa yang sangat indah dan masa yang gampang untuk kita menirukan gerak-gerik orang dewasa, untuk itu diharapkan dengan adanya lagu  ini anak-anak lebih bersemangat dan tidak mudah untuk berputus asa.semoga bermanfaat untuk kita semua.ingat tidak boleh mengeluh dan berputus asa, jalani kehidupan ini walaupun beban hidup kita sangat berat, tuhan pasti akan memberi jalan.
            Manusia pasti mempunyai beban hidup, yang tidak mempunyai beban hidup bisa dikatan bukan manusia. Seberat apapun beban hidup kita, kita harus berjuang, berusaha dan berdoa untuk menjalaninya, janganlah mengenal kata berat, males, dan apalagi sampai putus asa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar